Zaha Hadid, Wanita yang mengubah arsitek moderen

Salam Inspiratif!

Zaha Hadid menjadi topik utama di google doodle hari ini. Ia adalah arsitek muslim asal Britania yang lahir di Irak pada 31 Oktober 1950. Meninggal pada 31 Maret 2016 karena serangan jantung, Zaha Hadid telah menjadi sosok wanita inspiratif, Karya arsitekturnya tersebar diberbagai belahan dunia.

Zaha Hadid juga telah menjadi muslim pertama dan wanita pertama yang meraih penghargaan Pritzker Prize pada tahun 2004, yang merupakan penghargan tertinggi dibidang arsitektur

Zaha Hadid Arsitek Moderen

Zahid Hadid kini telah tiada, namun karyanya banyak menginspirasi banyak orang. Dan tentunya akan dikenang sepanjang sejarah arsitek didunia ini. Bentuk design yang diberikan oleh Zahid Hadid ini memang mengubah arsitek moderen. Ciri khas yang dapat dilihat bahwa bentuk designnya tidak flat dan selalu ada bagian melengkung pada sisi tertentu. Ini membuat bangunan tersebut sangat indah untuk dipandang.

Meski sepanjang kariernya Zaha Hadid menuai banyak prestasi dan pujian, namun karyanya pun tak lepas dari kontroversi. Ya, rancangannya untuk stadion Al-Warkah di Qatar yang dibangun untuk Piala Dunia tahun 2022 menuai kontroversi, yang mana desainnya disebut menyerupai vagina.
Namun Zaha Hadid menampik dengan mengatakan bahwa rancangan bangunan tersebut terinspirasi dari kapal kuno Arab, bukan vagina. "Sungguh memalukan bahwa mereka menimbulkan omong kosong seperti ini. Mereka bilang apa? Segala sesuatu yang ada lubang di dalamnya adalah vagina? Itu konyol," katanya kepada Time, dilansir dari laman The Guardian.

0 Comment "Zaha Hadid, Wanita yang mengubah arsitek moderen"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar
!Dilarang meletakkan link pada kolom komentar
!Dilarang berkomentar diluar topik
!Dilarang melakukan tindakan spam
Semua pelanggaran membuat komentar anda akan terhapus atau dilaporkan ke DCMA

Thank you for your comments

free hit counter code