Zaha Hadid menjadi Sosok Google Doodle hari ini

Salam Inspiratif!

Seperti yang diperlihatkan Google Doodle Hari ini. Sesosok ilustrasi tokoh perempuan yang berada pada bentuk arsitek modern. Ilustrasi perempuan itu tak lain adalah Zaha Hadid yang merupakan arsitek Britania kelahiran Irak. Apa yang menarik dari seorang Zaha Hadid bagi Google doodle hari ini?

Karya Zaha Hadid tersebar di berbagai penjuru dunia hampir selalu menuai pujian. Meskipun, salah satunya, desain Stadion Al Wakrah di Qatar sempat jadi kontroversi. Hadid mengklaim bentuk atap stadion terinspirasi dari layar dhow (kapal layar kuno Arab). Namun, tak sedikit berpandangan desain venue Piala Dunia 2022 tersebut lebih mirip vagina.

Zaha Hadid

Arsitek Muslim Pertama Peraih Penghargaan Pritzker

Zaha Hadid merupakan perempuan sekaligus Muslim pertama yang meraih penghargaan Pritzker, yakni penghargaan paling bergengsi untuk seorang arsitek yang di perolehnya pada tahun 2004 lalu.

Karyanya tersebar di berbagai penjuru dunia

Karya Zaha Hadid yang terkenal diantaranya Riverside Museum (Skotlandia), Vitra Fire Station (Jerman), Ordrupgaard Extension (Kopenhagen), Phaeno Science Centre (Wolfsburg), Hungerburgbahn (Innsbruck), Dongdaemun Design Plaza (Seoul), Pierresvives (Montpellier), MAXXI National Museum (Roma), serta Heydar Aliyev Center (Azerbaijan)

Zaha Hadid menutup usianya pada Maret 2016 lalu. Salah satu karyanya yang paling ikonik adalah Guangzhou Opera House yang muncul sebagai doodle Google di laman mesin pencari.

0 Comment "Zaha Hadid menjadi Sosok Google Doodle hari ini"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar
!Dilarang meletakkan link pada kolom komentar
!Dilarang berkomentar diluar topik
!Dilarang melakukan tindakan spam
Semua pelanggaran membuat komentar anda akan terhapus atau dilaporkan ke DCMA

Thank you for your comments

free hit counter code